Langkah – Langkah Installasi
Aplikasi
Untuk melakukan instalasi jalankan
program yang ada di CD/DVD atau dari lokasi lain.
Setelah itu aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan jendela berikut ini.
Anda sangat disarankan untuk menutup
program lainnya sebelum memulai proses instalasi. Hal ini diperlukan agar
berkas yang terkait dapat diperbarui tanpa harus booting ulang Komputer Anda.
Tekan tombol [Lanjut >] untuk
melanjutkan atau tombol [Batalkan] untuk membatalkan instalasi.
Jika Anda memilih batalkan maka akan
dikonfirmasi proses pembatalan intalasi, tekan tombol [Yes] untuk
membatalkan instalasi, tombol [No] untuk melanjutkan instalasi
Jika Anda
melanjutkan proses instalasi, maka akan ditampilkan bagian
persetujuan lisensi seperti gambar dibawah ini.
Bacalah dengan seksama sebelum
menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini. Setelah Anda baca dengan
seksama dan Anda menyetujui tekan tombol [Saya Setuju] yang berarti Anda
setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut. Atau tekan
tombol [Batalkan] jika Anda tidak setuju.
Selanjutnya akan ditampilkan bagian
untuk memilih komponen yang akan diinstall seperti gambar dibawah ini
Pilih komponen yang akan diinstal
dan tekan tombol [Lanjut >]. Pastikan Anda memilih komponen
“Server Pendataan Lokal”.
Selanjutnya akan ditampilkan bagian
untuk memilih lokasi instalasi seperti gambar di bawah ini.
Jika Anda setuju dengan lokasi yang
ditentukan oleh program setup tekan tombol [Lanjut >]. Jika tidak
tekan tombol [Cari …] dan Anda diminta untuk memilih lokasi instalasi
seperti gambar di bawah ini.
Setelah memilih lokasi akan
ditampilkan bagian untuk memilih lokasi dari Menu Start seperti gambar di bawah
ini.
Akan dibuatkan menu start “Pendataan
Dikdas”. Anda bisa menentukan nama lain dengan cara menulis nama lokasi yang
dikehendaki pada isian yang disediakan. Jika Anda tidak ingin dibuatkan
shortcut, centang pilihan “Tidak perlu membuat
shortcut”.
Anda bisa kembali memeriksa pilihan
dengan menekan tombol [< Mundur]. Jika semua sudah sesuai, tekan
tombol [Install] untuk memulai proses instalasi.
Untuk melihat berkas-berkas yang
diekstrasi ke komputer lokal, klik tombol [Lihat Perincian]
Tunggu sampai indikator proses
ekstrasi selesai, setelah itu tekan tombol [Selesai] untuk menutup
program instalasi. PENTING: PASTIKAN PENGATURAN WAKTU DAN TIMEZONE KOMPUTER
ANDA AKURAT!
Setting Waktu Lokal / Komputer
Seperti yang disampaikan pada saat
instalasi, perlu dipastikan bahwa waktu dan timezone komputer Anda akurat.
Hal ini penting untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan
lancar.
Untuk memastikannya lakukan
langkah-langkah sebagai berikut. Buka menu [Start]->[Control Panel],
kemudian
pilih pengaturan “Date and Time”
seperti gambar di bawah ini.
Atau klik dua kali pada jam yang ada
pada indikator jam komputer yang ada pada bagian kanan bawah layar
Pilih tab “Date & Time” dan atur
tanggal dan jam sesuai dengan kondisi saat ini
Untuk zona waktu, pilih GMT +07.00
untuk WIB, GMT +08.00 untuk WITA, dan GMT +09.00 untuk WIT
Agar waktu anda selalu akurat,
centang pilihan “Automatically synchronize with an Internet time server”.
Adakalanya waktu komputer berubah
karena berbagai kondisi, misalnya baterai BIOS lemah sehingga waktu komputer
menjadi tidak sesuai. Untuk itu Anda dipastikan selalu memeriksa keakuratan
waktu computer.
Pengaturan waktu sangat penting,
karena server pendataan lokal akan melakukan sinkronisasi data dengan server
database pusat.
Setelah pengaturan waktu selesai,
Anda siap untuk menjalankan aplikasi.
Kode Registrasi/ Aktivasi
Kode registrasi adalah “kunci” untuk
memuat data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KK-DATADIK
masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda
sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak
berkepentingan. Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi
(aktivasi).
Username & Password
Username/email yang diisi pada saat
registrasi harus aktif dan tidak fiktif karena email tersebut digunakan untuk
konfirmasi, pmeberitahuan-pemberitahuan jika ada permasalahan, dll. Password
yang diisi adalah password sesuai dengan yang
diinginkan pengguna, digunakan pada saat
pengguna akan login ke dalam Aplikasi.
Data Prefilled
Data hasil kiriman ke server dari
sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan di package
ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal
mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum
terisi di aplikasi versi 13.01.
Menjalankan Aplikasi
Aplikasi pendataan 2013 adalah
aplikasi berbasis web, untuk itu diperlukan server untuk menjalankan
aplikasi web ini dan web browser untuk mengoperasikan aplikasi. Pastikan
komputer Anda telah terinstall dengan web browser terbaru, karena web browser
versi lama tidak bisa mendukung/menjalankan aplikasi ini. Disarankan
untuk menggunakan Google Chrome atau Firefox.
Menjalankan Server Pendataan Lokal
Untuk menjalankan server pendataan
lokal pilih menu “Server Pendataan” pada start menu seperti gambar dibawah ini.
Kemudian indikator server akan
muncul di bagian “Tray Icon” yang berada di kanan bawah layar seperti gambar
berikut ini
Jika komputer Anda dilengkapi
firewall maka akan dimunculkan peringatan keamanan seperti gambar dibawah ini.
Tekan tombol [Unblock] jika anda
ingin server ini bisa diakses melalui jaringan lokal (LAN) dari
komputer lain. Jika tidak maka aplikasi hanya bisa
diakses dari komputer yang terinstall saja
Menjalankan Server Pendataan Lokal
Setelah server pendataan lokal
berjalan, otomatis akan dijalankan browser internet dan membuka halaman awal
aplikasi pendataan sepert gambar berikut ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar