Tanya Jawab Seputar Aplikasi Pendataan
- Pertanyaan:
"Kenapa Data "Total JJM Sesuai" saya tidak sama dengan yang
diinput via Dapodik ??"
Jawaban: Berikut penjelasannya:
(1) Data yg diambil menggunakan data input semester 1 tahun 2012
(2) Data JJM ada 3 jenis JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dgn
batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yg dibatasi KTSP, yang
sesuai dengan sertifikasinya)
3) Contoh perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD
(kelas 1) diinput mengajar 30 jam, menurut KTSP 26 jam. Maka JJMnya
dianggap 26 jam, jika sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau
sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.
- Pertanyaan:
"Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi
dapodik)."
Jawaban: Mohon update data anda langsung melalui Aplikasi Dapodik.
Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika
data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data
selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web
akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2
lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami karena
nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.
- Pertanyaan:
"Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di
nomer 17 ?"
Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis
data Kelulusan Sertifikasi yang diterbitkan Pusbangprodik BPSDMP &
PMP. Kode bidang studi yang ditampilkan diambil dari Nomor Peserta
Kelulusan Sertifikasi (digit ke 7, 8 , 9). Kode invalid dapat terjadi jika
: 1) Pengisian Kode NUPTK di Dapodik belum benar. 2) Ada kesalahan NUPTK
atau Nomor Peserta di data Kelulusan Solusinya adalah memperbaiki NUPTK di
data Dapodik, atau memperbaiki Data Kelulusan melalui operator Aplikasi
Tunjangan P2TK Dikdas di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
- Pertanyaan:
"Saya tidak bisa login katanya salah password"
Jawaban: Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tgl
lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti
data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl
diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator
dapodik bapak/ibu.
- Pertanyaan:
"Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan"
Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau
salah input. Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi
kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika
data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data
selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda
akan dapat login dengan sendirinya.
- Pertanyaan:
"Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah"
Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan.
Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas
tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya
sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat
penambahan PTK di kolom tugas ptk.
- Pertanyaan:
"Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek
guru"
Jawaban: Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data
sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa
waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari
aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu
sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar